KISI-KISI DAN BUTIR SOAL
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Disusun Sebagai Salah Satu Syarat untuk Memenuhi Kelulusan pada
Matakuliah Evaluasi Pembelajaran PAI (Abu Darin, M.Pd.)
Oleh
Muhamad Restu Fauzi
1123301172
TARBIYAH/ 6 PAI E
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
PURWOKERTO
2014
KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP
TAHUN 2013/2014
Tingkat : SMP Alokasi Waktu : 90 Menit
Bidang Studi : Pendidikan Agama Islam Jumlah Soal : 50 Soal
Kelas/Semester : VIII/ II
Bentuk soal : Pilihan Ganda
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
Ranah
|
Bobot
|
1
|
10. Menerapkan hukum bacaan Mad dan Waqof
|
10.1. Menjelaskan hukum bacaan Mad dan Waqof
10.2. Menunjukan contoh hukum bacaan Mad dan Waqof dalam bacaan surat-surat Al Qur-an.
10.3. Mempraktekan bacaan Mad dan Waqof dalam bacaan surat-surat Al Qur-an.
|
Hukum bacaan mad dan waqaf
|
· Menjelaskan pengertian bacaan mad secara bahasa
· Menjelaskan cara membaca mad Thobi’i
· Menunjukan contoh bacaan mad wajib mutasil
· Menjelaskan macam hukum bacaan mad lazim musyaqol qilmi
· Disediakan potongan ayat siswa dapat menunjukan contoh mad thobi’i
· Menjelaskan hukum bacaan mad aridl lisukun
· Disediakan table siswa dapat menunjukan cara membaca bacaan mad iwad
· Menunjukan salah satu contohwaqof
· Menjelaskan hukum waqof lazim
· Menunjukan salah satu contoh dari waqof lazim
· Menjelaskan fungsi dari tanda waqof mamnu’
· Menjelaskan tentang tanda waqof saktah
|
5
6
7
8
9
42
43
44
47
48
49
50
|
C1
C2
C2
C1
C2
C2
C1
C2
C3
C2
C2
C1
|
SD
SD
SD
SK
MD
SD
SD
MD
SK
MD
SD
SD
|
2
|
11. Meningkatkan keimanan kepada Rosul Alloh
|
11.1. Menjelaskan pengertian beriman kepada Rosul Alloh
11.2. Menyebutkan nama-nama dan sifat Rosul Alloh
11.3. Meneladani sifat-sifat Rosululloh saw
|
Iman kepada Rosul Allah SWT
|
· Menjelaskan ajaran pokok yang dibawa oleh para Rosul
· Menyebutkan gelar salah satu Rosul Alloh ( Nabi Ibrohim )
· Menunjukan salah satu contoh iman kepada Rosul
· Menjelaskan cara beriman kepada Rosul
· Menyebutkan gelar NabiMuhammad sebelum menjadi Rosul
· Menyebutkan nama Rosul yang termasuk Ulul Azmi
· Menyebutkan sifat jaiz bagi Rosul
· Menyebutkan sifat mustahil yang dimiliki oleh Rosul Allah
|
01
02
03
04
10
11
12
13
|
C2
C3
C2
C2
C1
C3
C2
C1
|
SD
SK
SD
SK
SD
MD
SD
SD
|
3
|
12. Membiasakan perilaku terpuji
|
12.1. Menjelaskan adab makan dan minum
12.2. Menampilkan contoh adab makan dan minum
12.3. Mempraktekan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari.
|
Perilaku terpuji
( Adab makan dan minum)
|
· Menjelaskan tata cara makan yang benar sesuai dengan tuntunan Nabi
· Menunjukan salah satu contoh cara makan yang benar
· Menampilkan ayat siswadpt menunjukkan dalil naqli tentang adab makan dan minum,terdapat pada surat apa
· Menunjukkan contoh cara makan yang benar
· Menunjujkkan contoh cara makan dan minum yang salah
· Menjelaskan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga
· Menjelaskan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah
· Menjelaskan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat
|
14
15
16
17
18
19
20
21
|
C3
C1
C2
C2
C1
C3
C2
C2
|
SK
SD
MD
SD
SD
SD
SD
SD
|
4
|
13. Menghindari perilaku tercela
|
13.1. Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafiq
13.2. Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan munafiq
13.3. Menghindari perilaku pendendam dan munafiq dalam kehidupan sehari-hari
|
Perilaku tercela (dendam dan munafiq )
|
· Menunjukan salah satu contoh akibat dari perilaku dendam
· Menjelaskan pengertian munafiq
· Menjelaskan pengertian dendam
· Menunjukan dalil naqli tentang sifat munafiq
· Menunjukan salah satuhadits yang berhubungan dengan munafiq
· Menjelaskan dalil naqli yang berkaitan dengan sifat dendam
· Memberikan salah satu contoh akibat dari sifat munafiq
|
37
38
39
40
41
45
46
|
C3
C2
C2
C2
C2
C1
C2
|
MD
SD
SD
MD
SD
SD
MD
|
5
|
14. Memahami hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan
|
14.1. Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan
14.2. Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan
|
Hewan yang halal dan haram dimakan
|
· Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan
· Menunjukan jenis hewan yang haram dimakan
· Disediakan gambar binatang buas, Siswa dapat mengetahui, hokum memakan binatang buas
· Disediakan dalil naqli yang terkait dengan hewan laut yang halal dimakan ,siswa dapat menyimpulkan pengertiannya.
· Dapat menyimpulkan dalil nagli Q.S.al Baqarah :173
· Menjelaskan makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan
· Menjelaskan makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan karena di;arang membunuhnya
|
30
31
32
33
34
35
36
|
C3
C2
C2
C1
C3
C2
C2
|
SK
SD
SD
SD
SK
SD
SD
|
6
|
15. Memahami sejarah da’wah Islam
|
15.1. Menceriterakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah
15.2. Menyebutkan tokoh ilmuwan Muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah
|
Sejarah pertumbuhan Ilmu Pengetahuan dalam Islam
|
· Menunjukan dalil naqli yang berhubungan dengan pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam
· Meunjukan masa keemasan ilmu pengetahuan daulah Abbasiyah
· Menunjukan dalil naqli tentang keistimewaan orang yang berilmu
· Menceriterakan puncak ilmu penget. Islam di masa daulah Abbasiyah
· Menyebutkan tokoh ilmuwan uslim ahli ilmu pengetahuan umum
· Menjelaskan pengertian ilmu fiqih
· Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim dalam bidang akhlak
· Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim dalam bidang matematika
|
22
23
24
25
26
27
28
29
|
C3
C2
C3
C2
C2
C2
C2
C2
|
MD
SD
SK
SD
MD
SD
SD
SK
|
Bentuk Soal : Essay
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
Ranah
|
Bobot
|
1
2
3
4
5
|
10. Menerapkan hukum bacaan Mad dan Waqof
11. Meningkatkan keimanan kepada Rosul Alloh
15. Memahami sejarah da’wah Islam
14. Memahami hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan
13. Manghindari perilaku tercela
|
10.2. Menunjukan contoh hukum bacaan Mad dan Waqof dalam bacaan surat-surat Al Qur-an.
11.3 Meneladani sifat-sifat Rasulullah
15.1 Menceriterakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah
14.1 Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan
13.1 Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafiq
|
Hukum bacaan mad dan waqaf
Iman kepada Rasul Allah
Sejarah pertumbuhan Ilmu Pengetahuan dalam Islam
Hewan yang halal dan haram dimakan
Perilaku tercela (dandam dan munafik)
|
Siswa mampu memberi contoh hukum waqof dari Al-Qur’an
Siswa mampu menjelaskan ajaran pokok yang dibawa oleh para rasul
Siswa dapat menceritakan secara singkat sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa daulah Abbasiyah
Siswa dapat menjelaskan kriteria hewan yang haram dimakan
Siswa dapat menjelaskan perilaku tercela dan memberikan contohnya
|
51
52
53
54
55
|
C3
C3
C3
C3
C3
|
SK
SK
SK
SK
SK
|
1. Ajaran pokok apakah yang dibawa oleh para rasul?
a. Kebaikan.
b. Kenabian.
c. Kemenangan.
d. Keimanan.
2. Gelar apakah yang diberikan kepada Nabi Ibrahim?
a. Abu bakar
b. Abdullah
c. Abul anbiya
d. Abu lahab
3. Salah satu contoh iman kepada rasul ialah ...
a. Bertaqwa kapada Allah SWT.
b. Berdoa kepada Rasulullah.
c. Mempercayai berita yang datang dari Rasul.
d. Menjadi seorang muslim.
4. Bagaimanakah cara beriman kepada Rasul?
a. Memberi makan fakir miskin.
b. Menjauhi segala larangan yang telah disampaikan oleh Rasul.
c. Menjalankan segala larangan yang telah dilarang oleh Rasul.
d. Meninggalkan segala perintah.
5. Secara bahasa, Mad ialah ....
a. Meninggikan.
b. Memperlebar.
c. Mempercepat.
d. Memanjangkan.
6. Cara membaca mad thabi’i yaitu ....
a. Dibaca sepanjang 2 ketukan.
b. Dibaca sepanjang 2 alif.
c. Dibaca sepanjang 6 ketukan.
d. Dibaca sepanjang 6 alif.
7. Contoh bacaan mas wajib mutasil yaitu ....
a. وَﻻَأنْتُمْ
b. سَوَآءٌ
c. بِمَا أُنْزِلَ
d. آﻻَن
8. Jelaskan hukum bacaan mad lazim musyaqul qilmi!
a. Harus sepanjang dua harakat.
b. Membacanya wajib panjang sepanjang 5 harakat.
c. Membacanya harus panjang selama 6 harakat.
d. Membacanya harus panjang 4 harokat.
9. سَوَاءٌ عَلَيْهِمْ أَأَنذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنذِرْهُمْ لاَ يُؤْمِنُونَ
Dari potongan ayat di atas, manakah yang merupakan contoh bacaan mad thabi’i?
a. سَوَاءٌ
b. عَلَيْهِمْ
c. أَأَنذَرْتَهُمْ
d. أَمْ لَمْ تُنذِرْهُمْ
10. Gelar yang diterima oleh Nabi Muhammad sebelum menjadi Rasul ialah ....
a. Khatamul Anbiya
b. Al-amin
c. Rasulullah
d. Ibnu Abdillah
11. Salah satu Rasul yang termasuk Ulul Azmi ialah ....
a. Adam A.S
b. Yunus A.S
c. Yusuf A.S
d. Muhammad SAW
12. Sifat jaiz bagi rasul yaitu ....
a. Sifat yang baik
b. Sifat yang biasa ada seperti manusia pada umumnya
c. Sifat yang harus ada pada Rasul
d. Sifat yang tak mungkin dimiliki Rasul
13. Sifat mustahil bagi Rasul yaitu ....
a. Kaya raya
b. Tabligh
c. Kizib
d. Baligh
14. Cara makan yang benar yaitu ....
a. Makan seperti yang dicontohkah Rasul
b. Makan seperti yang dicontohkan Malaikat
c. Makan seperti yang dicontohkan Jin
d. Makan seperti yang dicontohkan Setan
15. Contoh cara makan yang benar sesuai dengan yang dicontohkan nabi yaitu ....
a. Makan sambil jalan
b. Makan sambil jongkok
c. Makan sambil tengkurap
d. Makan sambil duduk
16. يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ
Potongan ayat di atas adalah dalil tentang makan dan minum tang terdapat pada surat ... ayat ....
a. Surat Al Isra’: 27
b. Surat Al Isra’: 31
c. Surat Al A’raf: 31
d. Surat Al A’raf: 27
17. Cara makan yang benar yaitu ....
a. Makan sesuai selera
b. Makan sesuai ukuran badan
c. Makan seperti guru
d. Makan secukupnya
18. Cara makan dan minum yang salah yaitu ....
a. Makan dan minum sesuai mode
b. Makan dan minum sesuai kebutuhan
c. Makan dan minum sebanyak-banyaknya
d. Makan dan minum sedikit agar hemat
19. Adab makan di lingkungan keluarga yaitu ....
a. Mempersilah kan yang lebih tua dahulu
b. Mempersilahkan yang lebih muda dahulu
c. Mempersilahkan yang perempuan dahulu
d. Mempersilahkan yang kelaparan dahulu
20. Adab makan di lingkungan sekolah yaitu ....
a. Makan pada jam pelajaran
b. Makan ketika izin ke kamar mandi
c. Makan pada jam istirahat
d. Makan ketika di mushala
21. Adab makan di lingkungan keluarga yaitu ....
a. Berbagi makan dengan tetangga selagi mampu
b. Menjual makanan ke tetangga
c. Ikut makan di rumah tetangga
d. Pesta makan bareng tetangga
22. هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَآءً وَ الْقَمَرَ نُوْرًا وَقَدَّرَهُ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوْا عَدَدَ السِّنِيْنَ وَالْحِسَابَ, مَا خَلَقَ اللهُ اِلاَّ بِالْحَقِّ, يُفَصَّلُ الْاَيَتِ لِقَوْمِ يَّعْلَمُوْنَ. اِنَّ فِى اخْتِلاَفِ الَّيْلِ وَ النَّهَارِ وَمَا خَلَقَ اللهُ فِى السَّمَوَتِ وَ الْاَرْضِ لِاَيَتٍ لِقَوْمٍ يَتَّقُوْنَ
Potongan ayat di atas dalil tentang ilmu pengetahuan yang terdapat pada surat ... ayat ....
a. Yunus: 5-6
b. Lukman: 29
c. Lukman: 5-6
d. Yunus: 29
23. Keemasan perkembangan ilmu pengetahuan pada masa daulah Abbasiyah ditandai oleh ditemukannya Aljabar oleh ....
a. Abu al-Abbas al-Saffah
b. Harun Al-Rasyid
c. Al-Khawarizmi
d. Salahuddin Al –Ayubbi
24. إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ
Potongan ayat di atas terdapat pada surat ... ayat ....
a. Fathir: 9
b. Fathir: 28
c. Az-Zumar: 9
d. Az-Zumar: 28
25. Puncak ilmu pengetahuan pada masa daulah Abbasiyah yaitu pada masa ....
a. Al-Khawarizmi
b. Salahuddin Al-Ayubbi
c. Abu Al-Abbas Al-Saffah
d. Harun al-Rasyid
26. Salah satu tokoh ilmuan kedokteran pada masa daulah Abbasiyah yaitu ....
a. Ibnu Sina
b. Ibnu Jarir At-Thabari
c. Ibnu Majah
d. Ibnu Muqaffa
27. Pengertian fiqih menurut istilah yaitu ....
a. Ilmu yang menerangkan seputar Al-Qur’an
b. Ilmu yang menerangkan ilmu seputar hadits
c. Ilmu yang menerangkan hukum-hukum syara’
d. Ilmu yang menerangkan hukum bacaan nun mati.
28. Tokoh ilmuan muslim dalam bidang akhlak yaitu ....
a. Hasan Al-Asy’ari
b. Imam Maliki
c. Imam Ghazali
d. Imam Muslim
29. Tokoh ilmuan muslim dalam bidang matemetika ialah ....
a. Al-Farabbi
b. Abu Zakaria Ar-Razi
c. Amam Sibawayhi
d. Abu Kamil Sujak
30. Salah satu jenis hewan yang halal yaitu ....
a. Belalang
b. Babi
c. Cacing gelang
d. Katak
31. Jenis hewan yang haram dimakan yaitu ....
a. Ikan laut
b. Hiu
c. Ayam
d. Kodok
32. Hukum memakan hewan di bawah ini yaitu ....
a. Sunah
b. Haram
c. Boleh
d. Bid’ah
33. أُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَامُهُ
Dari dalil di atas dapat diambil kesimpulan ....
a. Dihalalkan semua hewan buruan
b. Dihalalkan hewan yang berasal dari laut
c. Dihalalkan memburu hewan
d. Dihalalkan menjual hewan buruan
34. إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللَّهِ ۖ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلَا عَادٍ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ
Kesimpulan Q.S. Al-Baqarah: 173 di atas yaitu ....
a. Allah mengharamkan bangkai, darah, daging babi dan binatang yang disembelih atas nama selain Allah
b. Sesungguhnya diharamkan memotong babi tanpa basmalah.
c. Allah mengharamkan daging anjing dan babi
d. Allah menghalalkan membeli darah, bangkai dan daging anjing
35. Bagaimana hukum memakan sate kambing saus darah babi?
a. Halal karena sate kambing biasa dijual di jalanan.
b. Halal karena daging kambing adalah halal.
c. Haram karena mengandung babi.
d. Semua jawaban diatas punya alasan salah.
36. Bagaimana hukum meminum es teh yang terdapat beberapa semut didalamnya?
a. Haram karena ada semutnya.
b. Haram karena es teh adalah haram.
c. Halal karena es teh adalah halal.
d. Halal karena biasa diminum.
37. Akibat dari perilaku dendam yaitu ....
a. Dijauhi teman
b. Badan cepat kurus
c. Hati menjadi puas
d. Badan cepat lemas
38. Apakah pengertian munafik?
a. Menampakkan kebaikan dan memendam kebalikannya.
b. Suka selingkuh dan punya banyak pacar.
c. Mempunyai rasa iri yang berlebihan.
d. Memendam rasa benci terhadap orang lain.
39. Apakah pengertian dendam?
a. Menampakkan kebaikan dan memendam kebalikannya.
b. Bersyukur kepada Allah.
c. Keinginan untuk melampiaskan amarah.
d. Sifat benci dan keinginan untuk membalas kejahatan pada orang lain.
40. عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلاَثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ ، وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ ، وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ
Dari hadits di atas yang bukan merupakan ciri ciri orang munafik yaitu ....
a. Jika berbicara ia berbohong
b. Jika berjanji ia mengingkari
c. Jika diberi amanah ia berkhianat
d. Jika diberi ia minta yang banyak
41. تَجدُ مِنْ شِرَارِ الناسِ يَوْمَ القِيَامَةِ عِنْدَ اللهِ ذَا الوَجْهَيْنِ يَأْتِيْ هَؤُلاءِ بِوَجْهٍ وَهَؤْلاءِ بِوَجْهٍ
Inti potongan hadits diatas yaitu:
a. Orang munafik dosanya banyak.
b. Orang munafik kekal di neraka.
c. Orang munafik akan diadili oleh Allah SWT pada hari kiamat.
d. Orang munafik akan dibenci dunia-akhirat.
42. Bagaimana hukum bacaan mad aridl lisukun?
a. Dibaca panjang 8 harokat.
b. Dibaca panjang 6 harokat.
c. Dibaca panjang 4 harokat.
d. Dibaca panjang 2 harokat.
43. Bagaimana hukum bacaan mad ‘iwad?
a. Dibaca panjang 8 harokat.
b. Dibaca panjang 6 harokat.
c. Dibaca panjang 4 harokat.
d. Dibaca panjang 2 harokat.
44. Hukum waqof jaiz yaitu ....
a. Wajib berhenti.
b. Boleh berhenti boleh sambung.
c. Wajib sambung.
d. Berhenti pada salah satu tanda.
45. أَبْغَضُ الرَّجُلِ إِلَى اللهِ أَلَدُّ الْخِصَامِ
Menurut hadits di atas, orang yang paling dibenci Allah ialah ....
a. Orang yang munafik.
b. Orang yang berdusta pada Allah.
c. Orang yang suka meminta.
d. Orang yang menyimpan dendam.
46. Akibat dari sifat munafik yaitu ....
a. Dipercaya orang lain.
b. Tidak dipercaya orang lain.
c. Rizkinya bertambah.
d. Rizkinya berkurang.
47. Hukum waqof lazim yaitu ....
a. Wajib berhenti.
b. Boleh berhenti boleh sambung.
c. Wajib sambung.
d. Berhenti pada salah satu tanda.
48. Contoh dari waqof lazim yaitu ....
a. الَّذِينَ تَتَوَفَّاهُمُ الْمَلَائِكَةُ طَيِّبِينَۙ يَقُولُونَ سَلَامٌ عَلَيْكُمُ ادْخُلُوا الْجَنَّةَ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
b. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَقْتُلُوا الصَّيْدَ وَأَنْتُمْ حُرُمٌ ۚ
c. إِنَّمَا يَسْتَجِيبُ الَّذِينَ يَسْمَعُونَۘ وَالْمَوْتَىٰ يَبْعَثُهُمُ اللَّهُ ثُمَّ إِلَيْهِ يُرْجَعُونَ
d. أُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَامُهُ مَتَاعًا لَكُمْ وَلِلسَّيَّارَةِ ۖ وَحُرِّمَ عَلَيْكُمْ صَيْدُ الْبَرِّ مَا دُمْتُمْ حُرُمًا
49. Fungsi dari waqaf mamnu’ (ۙ) yaitu ....
a. Boleh berhenti atau lanjut pada tanda tersebut
b. Berhenti pada salah satu tanda
c. Harus berhenti pada tanda tersebut
d. Tak boleh berhenti pada tanda tersebut
50. Fungsi dari tanda waqaf saktah (ۛ) yaitu ....
a. Boleh berhenti atau lanjut pada tanda tersebut
b. Berhenti pada salah satu tanda
c. Harus berhenti pada tanda tersebut
d. Tak boleh berhenti pada tanda tersebut
51. Berilah contoh 3 hukum waqaf!
52. Ajaran pokok apakah yang dibawa oleh para rasul? Jelaskan!
53. Jelaskan secara singkat sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa daulah Abbasiyah!
54. Jelaskan kriteria hewan yang haram dimakan!
55. Berilah contoh dan jelaskan 3 perilaku tercela!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar