Kamis, 06 November 2014

Kisi-kisi dan Butir Soal Pendidikan Agama Islam



KISI-KISI DAN BUTIR SOAL
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM



 


Disusun Sebagai Salah Satu Syarat untuk Memenuhi Kelulusan pada
Matakuliah Evaluasi Pembelajaran PAI (Abu Darin, M.Pd.)

Oleh
Muhamad Restu Fauzi
1123301172

TARBIYAH/ 6 PAI E
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
PURWOKERTO
2014






KISI-KISI SOAL ULANGAN  AKHIR SEMESTER GENAP 
TAHUN 2013/2014


      Tingkat : SMP                                                Alokasi Waktu : 90 Menit                                                                                                                  
      Bidang Studi              Pendidikan Agama Islam                                         Jumlah Soal : 50 Soal
      Kelas/Semester : VIII/  II                 
 Bentuk soal : Pilihan Ganda

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
No. Soal
Ranah
Bobot

1

10. Menerapkan hukum bacaan Mad dan Waqof


10.1. Menjelaskan hukum bacaan Mad dan Waqof

10.2. Menunjukan contoh hukum bacaan Mad dan Waqof dalam bacaan surat-surat Al Qur-an.

10.3. Mempraktekan bacaan Mad dan Waqof dalam bacaan surat-surat Al Qur-an.



Hukum bacaan mad dan waqaf


· Menjelaskan pengertian bacaan mad secara bahasa

· Menjelaskan cara membaca mad Thobi’i

· Menunjukan contoh bacaan  mad wajib mutasil

· Menjelaskan macam  hukum bacaan mad lazim musyaqol qilmi

· Disediakan potongan ayat siswa dapat  menunjukan contoh mad thobi’i
· Menjelaskan hukum bacaan mad aridl lisukun
· Disediakan table siswa dapat menunjukan cara membaca bacaan mad  iwad
· Menunjukan salah satu contohwaqof

· Menjelaskan hukum waqof lazim

· Menunjukan salah satu contoh dari waqof lazim
· Menjelaskan fungsi dari tanda waqof  mamnu’
· Menjelaskan tentang tanda waqof saktah

5


6


7


8


9

42


43


44


47


48


49


50

C1


C2


C2

C1


C2

C2


C1

C2


C3


C2

C2


C1

SD


SD


SD

SK


MD

SD


SD

MD


SK


MD

SD


SD



2



11. Meningkatkan keimanan kepada Rosul Alloh



11.1. Menjelaskan pengertian beriman kepada Rosul Alloh

11.2. Menyebutkan nama-nama dan sifat Rosul Alloh

11.3. Meneladani sifat-sifat Rosululloh saw



Iman kepada Rosul Allah SWT


· Menjelaskan ajaran pokok yang dibawa oleh para Rosul
· Menyebutkan gelar salah satu Rosul Alloh ( Nabi Ibrohim )
· Menunjukan salah satu contoh iman kepada Rosul
· Menjelaskan cara beriman kepada Rosul
· Menyebutkan gelar NabiMuhammad sebelum menjadi Rosul
· Menyebutkan  nama Rosul yang termasuk Ulul Azmi
· Menyebutkan sifat  jaiz  bagi Rosul
· Menyebutkan sifat mustahil  yang dimiliki oleh Rosul Allah 


01


02


03


04


10


11


12



13



     C2

C3

     C2


C2


C1


C3


C2



C1


SD


SK

SD


SK


SD


MD


SD


SD


3


12. Membiasakan perilaku terpuji


12.1. Menjelaskan adab makan dan minum

12.2. Menampilkan contoh adab makan dan minum

12.3. Mempraktekan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari.


Perilaku terpuji
( Adab makan dan minum)

· Menjelaskan tata cara makan yang benar sesuai dengan tuntunan Nabi
· Menunjukan salah satu contoh cara makan yang benar
· Menampilkan ayat siswadpt menunjukkan dalil naqli tentang adab makan dan minum,terdapat pada surat apa
· Menunjukkan contoh cara makan yang benar 
· Menunjujkkan contoh cara makan dan minum  yang salah
· Menjelaskan  adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga
· Menjelaskan  adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah
· Menjelaskan  adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat 

14


15


16





17


18



19



20



21


C3


C1


C2




C2


C1


C3



C2



C2
SK


SD


MD




SD


SD


SD



SD



SD




4



13. Menghindari perilaku tercela



13.1. Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafiq

13.2. Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan munafiq

13.3. Menghindari perilaku pendendam dan munafiq dalam kehidupan sehari-hari

Perilaku tercela  (dendam dan munafiq )


· Menunjukan salah satu contoh akibat dari perilaku dendam
· Menjelaskan pengertian munafiq
· Menjelaskan pengertian dendam
· Menunjukan dalil naqli tentang sifat munafiq
· Menunjukan salah satuhadits  yang berhubungan dengan munafiq
· Menjelaskan dalil naqli yang berkaitan dengan sifat dendam
· Memberikan salah satu contoh akibat dari sifat munafiq


37


38

39

40


41


45


46




C3


C2

C2

C2

C2


C1


C2


MD


SD

SD

MD

SD


SD


MD


5



14. Memahami hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan



14.1. Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan

14.2. Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan


Hewan yang halal dan  haram dimakan


· Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan
· Menunjukan jenis hewan yang haram dimakan 
· Disediakan gambar binatang buas, Siswa dapat mengetahui, hokum memakan  binatang buas
· Disediakan  dalil naqli yang terkait dengan hewan laut yang halal dimakan ,siswa dapat menyimpulkan pengertiannya.
· Dapat menyimpulkan dalil nagli Q.S.al Baqarah :173
· Menjelaskan makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan
· Menjelaskan makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan karena di;arang membunuhnya


30


31


32




33



34



35


36



C3


C2


C2



C1


C3


C2


C2




SK


SD


SD



SD


SK


SD


SD




6


15. Memahami sejarah da’wah Islam


15.1. Menceriterakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah

15.2.  Menyebutkan tokoh ilmuwan Muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah

Sejarah pertumbuhan Ilmu Pengetahuan dalam  Islam


· Menunjukan dalil naqli yang berhubungan dengan pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam
· Meunjukan masa keemasan ilmu pengetahuan daulah Abbasiyah
· Menunjukan dalil naqli tentang keistimewaan orang yang berilmu
· Menceriterakan puncak ilmu penget. Islam di masa daulah Abbasiyah
· Menyebutkan tokoh ilmuwan uslim ahli ilmu pengetahuan umum
· Menjelaskan pengertian  ilmu fiqih
· Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim dalam bidang akhlak
· Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim dalam bidang matematika


22



23


24


25

26


27

28

29



C3


C2


C3


C2

C2

C2

C2

C2


MD


SD


SK


SD

MD

SD

SD

SK
Bentuk Soal : Essay


No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
No. Soal
Ranah
Bobot

1




2



3






4




5

10. Menerapkan hukum bacaan Mad dan Waqof



11. Meningkatkan keimanan kepada Rosul Alloh

15. Memahami sejarah da’wah Islam





14. Memahami hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan

13. Manghindari perilaku tercela

10.2. Menunjukan contoh hukum bacaan Mad dan Waqof dalam bacaan surat-surat Al Qur-an.

11.3 Meneladani sifat-sifat Rasulullah


15.1 Menceriterakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah



14.1 Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan


13.1 Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafiq

Hukum bacaan mad dan waqaf



Iman kepada Rasul Allah


Sejarah pertumbuhan Ilmu Pengetahuan dalam  Islam

Hewan yang halal dan haram dimakan

Perilaku tercela (dandam dan munafik)

Siswa mampu memberi contoh hukum waqof dari Al-Qur’an



Siswa mampu menjelaskan ajaran pokok yang dibawa oleh para rasul


Siswa dapat menceritakan secara singkat sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa daulah Abbasiyah



Siswa dapat menjelaskan kriteria hewan yang haram dimakan



Siswa dapat menjelaskan perilaku tercela dan memberikan contohnya

51




52




53






54



55

C3




C3




C3






C3



C3

SK




SK




SK






SK



SK

1. Ajaran pokok apakah yang dibawa oleh para rasul?
a. Kebaikan.
b. Kenabian.
c. Kemenangan.
d. Keimanan.
2. Gelar apakah yang diberikan kepada Nabi Ibrahim?
a. Abu bakar
b. Abdullah
c. Abul anbiya
d. Abu lahab
3. Salah satu contoh iman kepada rasul ialah ...
a. Bertaqwa kapada Allah SWT.
b. Berdoa kepada Rasulullah.
c. Mempercayai berita yang datang dari Rasul.
d. Menjadi seorang muslim.
4. Bagaimanakah cara beriman kepada Rasul?
a. Memberi makan fakir miskin.
b. Menjauhi segala larangan yang telah disampaikan oleh Rasul.
c. Menjalankan segala larangan yang telah dilarang oleh Rasul.
d. Meninggalkan segala perintah.
5. Secara bahasa, Mad ialah ....
a. Meninggikan.
b. Memperlebar.
c. Mempercepat.
d. Memanjangkan.
6. Cara membaca mad thabi’i yaitu ....
a. Dibaca sepanjang 2 ketukan.
b. Dibaca sepanjang 2 alif.
c. Dibaca sepanjang 6 ketukan.
d. Dibaca sepanjang 6 alif.
7. Contoh bacaan mas wajib mutasil yaitu ....
a. وَﻻَأنْتُمْ
b. سَوَآءٌ
c. بِمَا أُنْزِلَ
d. آﻻَن
8. Jelaskan hukum bacaan mad lazim musyaqul qilmi!
a. Harus sepanjang dua harakat.
b. Membacanya wajib panjang sepanjang 5 harakat.
c. Membacanya harus panjang selama 6 harakat.
d. Membacanya harus panjang 4 harokat.
9. سَوَاءٌ عَلَيْهِمْ أَأَنذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنذِرْهُمْ لاَ يُؤْمِنُونَ
Dari potongan ayat di atas, manakah yang merupakan contoh bacaan mad thabi’i?
a. سَوَاءٌ
b. عَلَيْهِمْ
c. أَأَنذَرْتَهُمْ
d. أَمْ لَمْ تُنذِرْهُمْ
10. Gelar yang diterima oleh Nabi Muhammad sebelum menjadi Rasul ialah ....
a. Khatamul Anbiya
b. Al-amin
c. Rasulullah
d. Ibnu Abdillah
11. Salah satu Rasul yang termasuk Ulul Azmi ialah ....
a. Adam A.S
b. Yunus A.S
c. Yusuf A.S
d. Muhammad SAW
12. Sifat jaiz bagi rasul yaitu ....
a. Sifat yang baik
b. Sifat yang biasa ada seperti  manusia pada umumnya
c. Sifat yang harus ada pada Rasul
d. Sifat yang tak mungkin dimiliki Rasul
13. Sifat mustahil bagi Rasul yaitu ....
a. Kaya raya
b. Tabligh
c. Kizib
d. Baligh
14. Cara makan yang benar  yaitu ....
a. Makan seperti yang dicontohkah Rasul
b. Makan seperti yang dicontohkan Malaikat
c. Makan seperti yang dicontohkan Jin
d. Makan seperti yang dicontohkan Setan
15. Contoh cara makan yang benar sesuai dengan yang dicontohkan nabi yaitu ....
a. Makan sambil jalan
b. Makan sambil jongkok
c. Makan sambil tengkurap
d. Makan sambil duduk
16. يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ
Potongan ayat di atas adalah dalil tentang makan dan minum tang terdapat pada surat ... ayat ....
a. Surat Al Isra’: 27
b. Surat Al Isra’: 31
c. Surat Al A’raf: 31
d. Surat Al A’raf: 27
17. Cara makan yang benar  yaitu ....
a. Makan sesuai selera
b. Makan sesuai ukuran badan
c. Makan seperti guru
d. Makan secukupnya
18. Cara makan dan minum yang salah yaitu ....
a. Makan dan minum sesuai mode
b. Makan dan minum sesuai kebutuhan
c. Makan dan minum sebanyak-banyaknya
d. Makan dan minum sedikit agar hemat
19. Adab makan di lingkungan keluarga yaitu ....
a. Mempersilah kan yang lebih tua dahulu
b. Mempersilahkan yang lebih muda dahulu
c. Mempersilahkan yang perempuan dahulu
d. Mempersilahkan yang kelaparan dahulu
20. Adab makan di lingkungan sekolah yaitu ....
a. Makan pada jam pelajaran
b. Makan ketika izin ke kamar mandi
c. Makan pada jam istirahat
d. Makan ketika di mushala
21. Adab makan di lingkungan keluarga yaitu ....
a. Berbagi makan dengan tetangga selagi mampu
b. Menjual makanan ke tetangga
c. Ikut makan di rumah tetangga
d. Pesta makan bareng tetangga
22. هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَآءً وَ الْقَمَرَ نُوْرًا وَقَدَّرَهُ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوْا عَدَدَ السِّنِيْنَ وَالْحِسَابَمَا خَلَقَ اللهُ اِلاَّ بِالْحَقِّيُفَصَّلُ الْاَيَتِ لِقَوْمِ يَّعْلَمُوْنَاِنَّ فِى اخْتِلاَفِ الَّيْلِ وَ النَّهَارِ وَمَا خَلَقَ اللهُ فِى السَّمَوَتِ وَ الْاَرْضِ لِاَيَتٍ لِقَوْمٍ يَتَّقُوْنَ
Potongan ayat di atas dalil tentang ilmu pengetahuan yang terdapat pada surat ... ayat ....
a. Yunus: 5-6
b. Lukman: 29
c. Lukman: 5-6
d. Yunus: 29
23. Keemasan perkembangan ilmu pengetahuan pada masa daulah Abbasiyah ditandai oleh ditemukannya Aljabar oleh ....
a. Abu al-Abbas al-Saffah
b. Harun Al-Rasyid
c. Al-Khawarizmi
d. Salahuddin Al –Ayubbi
24. إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ
Potongan ayat di atas terdapat pada surat ... ayat ....
a. Fathir: 9
b. Fathir: 28
c. Az-Zumar: 9
d. Az-Zumar: 28
25. Puncak ilmu pengetahuan pada masa daulah Abbasiyah yaitu pada masa ....
a. Al-Khawarizmi
b. Salahuddin Al-Ayubbi
c. Abu Al-Abbas Al-Saffah
d. Harun al-Rasyid
26. Salah satu tokoh ilmuan kedokteran pada masa daulah Abbasiyah yaitu ....
a. Ibnu Sina
b. Ibnu Jarir At-Thabari
c. Ibnu Majah
d. Ibnu Muqaffa
27. Pengertian fiqih menurut istilah yaitu ....
a. Ilmu yang menerangkan seputar Al-Qur’an
b. Ilmu yang menerangkan ilmu seputar hadits
c. Ilmu yang menerangkan hukum-hukum syara’
d. Ilmu yang menerangkan hukum bacaan nun mati.
28. Tokoh ilmuan muslim dalam bidang akhlak yaitu ....
a. Hasan Al-Asy’ari
b. Imam Maliki
c. Imam Ghazali
d. Imam Muslim
29. Tokoh ilmuan muslim dalam bidang matemetika ialah ....
a. Al-Farabbi
b. Abu Zakaria Ar-Razi
c. Amam Sibawayhi
d. Abu Kamil Sujak
30. Salah satu jenis hewan yang halal yaitu ....
a. Belalang
b. Babi
c. Cacing gelang
d. Katak
31. Jenis hewan yang haram dimakan yaitu ....
a. Ikan laut
b. Hiu
c. Ayam
d. Kodok
32. Hukum memakan hewan di bawah ini yaitu ....
 
a. Sunah
b. Haram
c. Boleh
d. Bid’ah
33. أُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَامُهُ
Dari dalil di atas dapat diambil kesimpulan ....
a. Dihalalkan semua hewan buruan
b. Dihalalkan hewan yang berasal dari laut
c. Dihalalkan memburu hewan
d. Dihalalkan menjual hewan buruan
34. إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللَّهِ ۖ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلَا عَادٍ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ
Kesimpulan Q.S. Al-Baqarah: 173 di atas yaitu ....
a. Allah mengharamkan bangkai, darah, daging babi dan binatang yang disembelih atas nama selain Allah
b. Sesungguhnya diharamkan memotong babi tanpa basmalah.
c. Allah mengharamkan daging anjing dan babi
d. Allah menghalalkan membeli darah, bangkai dan daging anjing
35. Bagaimana hukum memakan sate kambing saus darah babi?
a. Halal karena sate kambing biasa dijual di jalanan.
b. Halal karena daging kambing adalah halal.
c. Haram karena mengandung babi.
d. Semua jawaban diatas punya alasan salah.
36. Bagaimana hukum meminum es teh yang terdapat beberapa semut didalamnya?
a. Haram karena ada semutnya.
b. Haram karena es teh adalah haram.
c. Halal karena es teh adalah halal.
d. Halal karena biasa diminum.
37. Akibat dari perilaku dendam yaitu ....
a. Dijauhi teman
b. Badan cepat kurus
c. Hati menjadi puas
d. Badan cepat lemas
38. Apakah pengertian munafik?
a. Menampakkan kebaikan dan memendam kebalikannya.
b. Suka selingkuh dan punya banyak pacar.
c. Mempunyai rasa iri yang berlebihan.
d. Memendam rasa benci terhadap orang lain.
39. Apakah pengertian dendam?
a. Menampakkan kebaikan dan memendam kebalikannya.
b. Bersyukur kepada Allah.
c. Keinginan untuk melampiaskan amarah.
d. Sifat benci dan keinginan untuk membalas kejahatan pada orang lain.
40. عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلاَثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ ، وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ ، وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ
Dari hadits di atas yang bukan merupakan ciri ciri orang munafik yaitu ....
a. Jika berbicara ia berbohong
b. Jika berjanji ia mengingkari
c. Jika diberi amanah ia berkhianat
d. Jika diberi ia minta yang banyak
41. تَجدُ مِنْ شِرَارِ الناسِ يَوْمَ القِيَامَةِ عِنْدَ اللهِ ذَا الوَجْهَيْنِ يَأْتِيْ هَؤُلاءِ بِوَجْهٍ وَهَؤْلاءِ بِوَجْهٍ
Inti  potongan hadits diatas yaitu:
a. Orang munafik dosanya banyak.
b. Orang munafik kekal di neraka.
c. Orang  munafik akan diadili oleh Allah SWT pada hari kiamat.
d. Orang munafik akan dibenci dunia-akhirat.
42. Bagaimana hukum bacaan mad aridl lisukun?
a. Dibaca panjang 8 harokat.
b. Dibaca panjang 6 harokat.
c. Dibaca panjang 4 harokat.
d. Dibaca panjang 2 harokat.
43. Bagaimana hukum bacaan mad ‘iwad?
a. Dibaca panjang 8 harokat.
b. Dibaca panjang 6 harokat.
c. Dibaca panjang 4 harokat.
d. Dibaca panjang 2 harokat.
44. Hukum waqof jaiz yaitu ....
a. Wajib berhenti.
b. Boleh berhenti boleh sambung.
c. Wajib sambung.
d. Berhenti pada salah satu tanda.
45. أَبْغَضُ الرَّجُلِ إِلَى اللهِ أَلَدُّ الْخِصَامِ
Menurut hadits di atas, orang yang paling dibenci Allah ialah ....
a. Orang yang munafik.
b. Orang yang berdusta pada Allah.
c. Orang yang suka meminta.
d. Orang yang menyimpan dendam.
46. Akibat dari sifat munafik yaitu ....
a. Dipercaya orang lain.
b. Tidak dipercaya orang lain.
c. Rizkinya bertambah.
d. Rizkinya berkurang.
47. Hukum waqof lazim yaitu ....
a. Wajib berhenti.
b. Boleh berhenti boleh sambung.
c. Wajib sambung.
d. Berhenti pada salah satu tanda.
48. Contoh dari waqof lazim yaitu ....
a. الَّذِينَ تَتَوَفَّاهُمُ الْمَلَائِكَةُ طَيِّبِينَۙ يَقُولُونَ سَلَامٌ عَلَيْكُمُ ادْخُلُوا الْجَنَّةَ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
b. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَقْتُلُوا الصَّيْدَ وَأَنْتُمْ حُرُمٌ ۚ
c. إِنَّمَا يَسْتَجِيبُ الَّذِينَ يَسْمَعُونَۘ وَالْمَوْتَىٰ يَبْعَثُهُمُ اللَّهُ ثُمَّ إِلَيْهِ يُرْجَعُونَ
d. أُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَامُهُ مَتَاعًا لَكُمْ وَلِلسَّيَّارَةِ ۖ وَحُرِّمَ عَلَيْكُمْ صَيْدُ الْبَرِّ مَا دُمْتُمْ حُرُمًا
49. Fungsi dari waqaf mamnu’ (ۙ) yaitu ....
a. Boleh berhenti atau lanjut pada tanda tersebut
b. Berhenti pada salah satu tanda
c. Harus berhenti pada tanda tersebut
d. Tak boleh berhenti pada tanda tersebut
50. Fungsi dari tanda waqaf saktah (ۛ) yaitu ....
a. Boleh berhenti atau lanjut pada tanda tersebut
b. Berhenti pada salah satu tanda
c. Harus berhenti pada tanda tersebut
d. Tak boleh berhenti pada tanda tersebut

51. Berilah contoh 3 hukum waqaf!
52. Ajaran pokok apakah yang dibawa oleh para rasul? Jelaskan!
53. Jelaskan secara singkat sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa daulah Abbasiyah!
54. Jelaskan kriteria hewan yang haram dimakan!
55. Berilah contoh dan jelaskan 3 perilaku tercela!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar